Pertemuan 2: Review Product Development

Label:

"Assalamualaikum wr. wb."

"Sebenernya perkuliahan mengenai Review Perancangan Produk ini sudah dilakukan dari beberapa hari yang lalu, tepatnya Rabu 15 Februari kemarin sih -_-
Dengan penyampai materi kak Fandi.
Apa aja yang dibahas dalam Review Perancangan Produk???"

Produk?
Produk adalah benda nyata atau jasa yang direalisasikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yang memiliki manfaat dan nilai tertentu, yang terdiri dari Komponen Fisik dan Atribut Pendukung.
Komponen Fisik merupakan bahan baku atau material pembangun produk tersebut, sedangkan Atribut Pendukung adalah tambahan-tambahan lain yang terdapat pada produk tersebut, seperti harga, rasa, kemasan, dan manfaat.

Klasifikasi Produk dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
  1. Nondurable Product, yaitu produk berupa barang yang tidak bertahan lama, dan hanya bisa dipakai satu kali saja, misalnya Tissue, Makanan dan Minuman.
  2. Durable Product, yaitu produk berupa barang yang dapat bertahan lama, tetapi tidak selamanya bisa dipakai. Misalnya meja, kursi dan ranjang.
  3. Service, yaitu produk berupa jasa. Jasa ini berupa produk yang bermanfaat bagi konsumen tetapi tidak dapat dilihat bentuknya oleh konsumen, hanya bisa dirasakan dengan panca indera. Misalnya jasa transportasi atau jasa sewa mobil.

Produk juga memiliki umur yang disebut dengan Product Life Cycle (PLC). Grafik PLC menggambarkan pergerakan umur produk dari awal diperkenalkan hingga pada akhirnya menghilang dari pasaran.
Tahapan-tahapan tersebut adalah:

  • Introductory stage : pada tahapan ini produk pertama dikenalkan ke pasaran. produk berada dalam Chasm Period dimana produk diuji oleh pasar apakah produk tersebut dapat meneruskan PLC nya ke tahap Growth stage atau langsung mengalami Decline stage. 
  • Growth stage : ditahap ini produk mengalami pengembangan. Produk yang dijual mulai dikenal dan menyebar luas di pasaran. 
  • Maturity stage : pada tahapan ini pengembangan produk dilakukan. Pengembangan produk dilakukan untuk menyaingi kompetitor dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Pada tahapan ini juga ditentukan apabila produk berhasil dikembangkan akan dimulai PLC yang baru yang kembali ke tahap Introductory stage, tetapi apabila produk yang dikembangkan tersebut tidak diterima di pasaran kemungkinan produk akan mengalami masa Decline.
  • Decline stage : tahapan ini adalah tahapan berakhirnya keberadaan produk dari pasaran, produk mulai tidak ditemukan dimanapun sampai pada akhirnya produk tidak diproduksi lagi

Dalam pengembangan produk baru ada dua kategori, yang pertama adalah Improving Existing Products, yaitu pengembangan produk dari yang sudah ada, atau disebut dengan Innovation. Dan kategori yang kedua adalah Creating New Product, yaitu membuat produk baru yang belum pernah ada sebelumnya, atau disebut dengan Invasion.

"Ide itu engga pernah terbatas apabila kita terus mencoba mengembangkannya. kita buat produk baru. kalo produknya udah ada, kita cari fungsi lain. jadi pengembangan itu ga terbatas kan? dan mulailah dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita"

Karakteristik pengembangan produk adalah sebagai berikut:

  1. Product Quality, dimana kualitas suatu produk mempengaruhi pangsa pasar.
  2. Product Cost, digunakan untuk menentukan laba yang didapat dari harga penjualan, misalnya biaya manufaktur.
  3. Development Time, waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pengembangan produk, yang menentukan perusahaan tersebut cepat atau tidak dalam melakukan pengembangan.
  4. Development Cost, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan.
  5. Development Capability, aset perusahaan yang dapat digunakan untuk pengembangan.
Tiga fungsi dasar merancang produk yaitu Marketing, Design dan Manufacture. Ketiga fungsi tersebut saling berhubungan dan saling melengkapi.

Macam-macam metode yang dapat digunakan dalam pengembangan produk:
  1. Analisis Konjoin
  2. Taguchi (Robust Design)
  3. TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadach)
  4. QFD (Quality Function Development


"Yaaa... segitu dulu yak updatenya untuk Pertemuan Kedua kuliah Perancangan Produk, InsyaAllah blog ini akan selalu update dengan materi-materi lainnya di pertemuan selanjutnya. keep enjoying my blog :)"

1 komentar:

  1. Pak Rino mengatakan...:

    dari semua faktor yang diperlukan dalam pengembangan produk< faktor apa siy yang paling penting?? bisa ndak di jelaskan?

    http://www.ittelkom.ac.id

Posting Komentar